2nd Stakeholder Meeting Model Bisnis Pengelolaan Lumpur Tinja di Kota Bandung


Oleh: Tsabit Walad Al-Wahad, S.T.  (GES Environmental Engineer)

Interest in study related environmental economic valuation. Likes every sport activity, culinary, and travelling. He always want to try something new.


Bandung (01/03/2018). Ganeca Environmental Services bersama dengan IGES (Institute for Global Environmental Strategies) dari Jepang, kembali mengadakan kegiatan pertemuan dengan institusi terkait pengelolaan lumpur tinja di Bandung. Pertemuan dengan stakeholder terkait pengelolaan lumpur tinja merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam studi “Situation Analysis and Business Models of Septage Management in case study Bandung and Denpasar”. Pertemuan dengan stakeholder kota Bandung ini merupakan pertemuan yang kedua selama studi yang telah dilakukan dari tahun 2016. Kegiatan ini mendiskusikan mengenai kondisi pengelolaan lumpur tinja di kota Bandung, permasalahan yang dihadapi, tantangan kedepan, dan harapan pengelolaan lumpur tinja dari setiap institusi. Pertemuan dengan stakeholder yang kedua sendiri diselenggarakan di Ruang Rapat Besar Bappelitbang (Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan) Kota Bandung.

Institusi yang menghadiri kegiatan ini antara lain, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening selaku operator pengelolaan lumpur tinja, yang diwakili oleh Bapak Yayat selaku Kepala Bagian Pelayanan Umum Air Limbah beserta staff. Lalu dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung juga berkesempatan hadir, dan diwakili oleh Bapak Dikdik dan Bu Widya dari Seksi kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga. Dinas Kesehatan Kota Bandung berperan untuk memicu masyarakat agar mengelola lumpur tinja dengan baik, melalui pendekatan dampak kepada kesehatan masyarakat. Selain itu hadir pula dari Dinas Pemukiman dan Perumahan (Diskimrum) Provinsi Jawa Barat, yang diwakili oleh Bapak Eddy. Diskimrum Provinsi Jawa Barat berperan dalam pembangunan infrastruktur terkait pengelolaan lumpur tinja di wilayah provinsi Jawa Barat. Sementara itu, pada pertemuan kali ini turut hadir Dr. Pham Ngoc Bao sebagai Water and Sanitation Specialist dari IGES Jepang. Sedangkan dari Ganeca Environmental Services turut hadir Dr. M. Sonny Abfertiawan sebagai ketua tim peneliti.

Kegiatan pertemuan stakeholder dimulai dengan pembukaan dan pemaparan kemajuan studi yang telah dilakukan. Pemaparan kemajuan studi ini dijelaskan oleh Dr. M. Sonny Abfertiawan selaku ketua tim peneliti. Kemajuan studi yang telah dilakukan antara lain hasil survey kuesioner kepada masyarakat, operator jasa sedot tinja, dan wawancara terhadap institusi terkait pengelolaan lumpur tinja di Kota Bandung. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi, pada sesi diskusi ini setiap stakeholder menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan lumpur tinja di kota Bandung. Selain itu, para stakeholder juga menyampaikan program yang telah dilaksanakan dan harapan terkait pengelolaan lumpur tinja. Kemudian setiap stakeholder dipersilahkan untuk menanggapi dan memberikan saran mengenai rekomendasi bisnis model yang telah dibuat oleh GES dan IGES untuk pengelolaan lumpur tinja di kota Bandung.

Foto Bersama Institusi Terkait Pengelolaan Lumpur Tinja Di Kota Bandung
Pemaparan Oleh Dr. M.Sonny Abfertiawan
Persentasi Kemajuan Study Yang Di Lakukan Oleh GES Bersama Dengan IGES

Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment