Apa Itu Air Quality Monitoring System? - Ganeca Environmental Services

Apa Itu Air Quality Monitoring System?

Mei 15, 2023

APA ITU AIR QUALITY MONITORING SYSTEM?

   

Peran Penting Menjaga Kualitas Udara

Berkembangnya zaman, menimbulkan peningkatan kebutuhan sandang, pangan dan papan khususnya untuk manusia sebagai penghuni utama di planet ini. Dari kebutuhan manusia yang begitu beragam dan cepat perputarannya, tumbuh lah berbagai macam sektor industri untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Adanya kegiatan industri menimbulkan beragam dampak. Dampak baiknya, stabilisasi ekonomi dan peningkatan peluang kerja bagi penduduk sekitar kawasan industri tersebut. Dan dampak buruknya yakni urbanisasi yang terus meningkat setiap tahunnya, dan kerusakan lingkungan.

Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah yang selalu menjadi isu utama pada semua jenis kegiatan industri, yang ditimbulkan yakni pencemaran udara.

“Kerusakan lingkungan merupakan salah satu masalah yang selalu menjadi isu utama pada semua jenis kegiatan industri, yang ditimbulkan yakni pencemaran udara.”

Kegiatan industri menghasilkan asap yang mengandung senyawa-senyawa berbahaya hasil dari proses pembakaran bahan-bahan produksi. Asap tersebut di keluarkan dari cerobong-cerobong pembuangan yang di keluarkan langsung ke langit terbuka dan menyebar luas karena terbawa angin, sehingga udara bebas dan bersih tercemar dan kualitas udara akhirnya menurun. Penurunan kualitas ini tidak hanya akan mengganggu keseimbangan alam, namun akan mengganggu kegiatan makhluk hidup di sekitaran kawasan industri.

Perlu adanya monitor khusus untuk memantau kualitas udara di kawasan industri. Monitor ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara yang terus meningkat. Monitor ini pun berfungsi untuk mengetahui seberapa tinggi pencemaran udara yang terjadi di kawasan industri.

Apa itu Pemantau Kualitas Udara (Air Quality Monitoring System)

Sistem Monitor Kualitas Udara atau Air Quality Monitor System (AQMS), adalah sistem pemantauan kualitas udara yang dirancang untuk menghitung kadar senyawa-senyawa tertentu di udara seperti PM10, SO2, NOx, O3, NO2, CO. Jaringan AQMS terdiri dari Fixed station, Mobile station, dan Regional Center.

Data yang diperoleh diinformasikan dalam bentuk Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Data hasil pemantauan AQMS di tampilkan oleh Public Display yang terdapat di jalan.Public display ISPU dibentuk oleh LED yang menunjukkan angka dan bagaimana keadaan dari udara. Kondisi udara dibagi atas berbagai warna yaitu hijau, biru, kuning, merah dan hitam (Middinali et al., 2019).

SKEMA MONITOR KUALITAS AIR

Manfaat Pemantauan Kualitas Udara

Apa saja manfaat dari sistem pemantauan kualitas udara.

  1. Mengetahui kondisi kualitas udara (baseline) dan kemungkinan kecenderungannya
  2. Validasi model pencemaran yang telah dibuat
  3. Mempelajari pengaruh polusi udara terhadap lingkungan
  4. Data kesesuaian dengan baku mutu Evaluasi kinerja alat pengendali pencemaran udara
  5. Pengendalian pencemaran udara dan pemeriksaan kerusakan sistem pengendalian pencemaran

 

 

Marilah Kita Bentuk Masa Depan Bersama-sama

Raih kemungkinan tak terbatas.

Chat WhatsApp
1
Need Help?
If you have any questions about the services we provide do not hesitate to contact us. We try and respond to all queries and comments within 24 hours.