GES Lakukan Uji Jaringan Pemantauan Sparing di PT. Borneo Indobara


Minggu, 1 Maret 2020, Tim Ganeca Environmental Services (GES) mendapatkan kesempatan dari tim Sinarmas Mining untuk melakukan presentasi sekaligus uji jaringan sebagai bagian dari rencana kegiatan Pemantauan Sparing di salah satu anak perusahaan Sinarmas Mining yakni PT. Borneo Indobara (BIB). Pemantauan Sparing merupakan salah satu kegiatan pengelolaan lingkungan yang bersifat mandatori dari pemerintah Indonesia melalui PermenLHK 80 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.93/Menlhk/Setjen/Kum.1/8/2018 tentang Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan. Pemantauan Sparing yang direncanakan akan diimplemetasikan penuh pada Agustus/September 2020 ini memberikan kewajiban kepada perusahaan-perusahaan yang disebut didalam lampiran peraturan tersebut untuk memasang peralatan pemantauan kualitas air limbah di titik yang memiliki beban terbesar (untuk pertambangan). Peralatan tersebut diharuskan dapat memantau secara terus-menerus (kontinyu/realtime) dan dalam jaringan (online) dengan data dikirimkan langsung ke platform yang telah disiapkan oleh KLHK.

Tim GES melakukan survey rencana titik Pemantauan Sparing di PT. Borneo Indobara

Dalam kesempatan kunjungan ke Site Tambang milik PT. Borneo Indobara, Tim GES mempresentasikan salah satu program yang dimiliki yakni Environmental Monitoring and Evaluation Program (EMEP). Program ini dirancang untuk membantu perusahaan dalam melakukan pemantauan secara realtime dan online, sesuai dengan PermenLHK 80 Tahun 2019. GES menawarkan beberapa bentuk kerjasama, dimulai dari sistem sewa melalui Service Level Agreement (SLA) hingga hanya penyediaan peralatan saja. Tentu, GES terbuka dengan berbagai bentuk kerjasama yang dapat memungkinkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain mempresentasikan EMEP, GES juga melakukan demonstrasi peralatan pemantauan sparing yang dimiliki oleh GES yakni Manta Eureka. Demonstrasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada Sinarmas Mining, khususnya PT. Borneo Indobara tentang peralatan-peralatan yang perlu disiapkan untuk memenuhi PermenLHK 80/2019. Tim GES juga membantu Borneo Indobara untuk memastikan ketersediaan jaringan internet di titik rencana pemantauan sparing sekaligus trasmisi data. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu rekan-rekan Borneo Indobara dalam menyiapkan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) sehingga kegiatan pemantauan sparing dapat berjalan dengan lancar dan memenuhi kewajiban dari pemerintah Indonesia. (emsa)


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts