Hari Air Sedunia


Oleh: Suci Fitriana br Bangun, S.T., (GES Environmental Engineer)

A graduate from UNPAS (Universitas Pasundan) Bandung and currently working on PT Ganeca Environmental Services Bandung as Junior Environmental Engineer. Has an interest in water and wastewater management, solid waste management, and social interaction with other people. Has hobby traveling, outdoor activity, camping, and cooking.


Hari Air Sedunia merupakan salah satu peringatan hari-hari lingkungan yang dicetuskan pertama kali oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai sarana menarik perhatian masyarakat dunia mengenai pentingnya air bersih, dan pengelolaan berkelanjutan terhadap sumber daya air. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret yang dilakukan secara internasional.

Penetapan Hari Air Sedunia secara formal ditetapkan pertama kali pada tahun 1992 dalam Sidang Umum PBB ke-47 perihal lingkungan dan pembangunan (United Nations Conference on Environment and Development yang disingkat UNCED) pada 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil. Penetapan tersebut direspon Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia dan sejak saat itu diperingati oleh negara-negara anggota PBB dengan berbagai tema setiap tahunnya.

Mengingat Hari Air Sedunia melibatkan banyak unsur dan pihak yang bertujuan memastikan terlaksana tujuan akhirnya, maka pada tahun 2003 setelah pelaksanaan Pertemuan Dunia tentang Pembangunan Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development) dibentuk suatu badan koordinasi yang dikenal dengan United Nation Water (UN-Water). UN-Water adalah badan antar agensi yang menjadi koordinator bagi semua stakeholder dalam pelaksanaan segala usaha dan tindakan yang berkaitan dengan Dunia Air, baik sumber air dari darat maupun dari laut. Badan ini  juga bertanggungjawab dalam pelaksanaan Hari Air Sedunia.

Tema Hari Air Sedunia berganti setiap tahunnya sesuai dengan isu sumber daya air yang dianggap penting dan perlu mendapatkan perhatian publik dunia. UN-Water menjadi pihak yang menentukan Tema tersebut sejak tahun 2003. Tema Hari Air Dunia tahun ini adalah “Solusi Air Berbasis Alam” atau “Nature-based Solutions for Waters”.  Melalui tema tahun ini, masyarakat dunia diajak untuk memikirkan tentang solusi berbasis alam dalam mengatasi tantangan pemenuhan kebutuhan air yang dihadapi hari ini di abad ke-21.

PBB mengeluarkan pernyataan yang berbunyi, “Kerusakan ekosistem mempengaruhi kuantitas dan kualitas air yang tersedua untuk konsumsi manusia. Hingga hari ini ada 2,1 miliar orang yang hidup tanpa air minum yang bersih dan aman yang mana mempengaruhi kesehatan, pendidikan dan mata pencaharian. Tujuan pembangunan berkelanjutan ini memiliki 6 komitmen dunia untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke air bersih pada tahun 2030, dan termasuk target untuk melindungi lingkungan alam dan mengurangi polusi”.

Oleh karena itu, mari ikut berpartisipasi terhadap kepedulian air bersih, dimulai dari diri sendiri dengan melakukan hal sederhana, diantaranya :

  1. Menutup keran air sesudah digunakan atau ketika tidak digunakan
  2. Menggunakan air secara bijak sesuai dengan kebutuhan
  3. Menanam pohon supaya hutan kembali hijau juga sebagai tempat penyimpanan sumber daya air
  4. Menampung air hujan untuk digunakan kembali sebagai air baku cuci
  5. Membuang sampah sesuai tempatnya

Hal sederhana diatas dapat dilakukan sebagai kebiasaan sehari-hari, juga hal lain yang dapat diterapkan secara bijak menggunakan dan mengelola sumber daya air secara kontinu, sebagai bentuk kepedulian terhadap air bersih. Selamat menerapkan. Selamat Hari Air Sedunia.

Salam Lestari!


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment