Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kebisingan dan Foto Udara Haliburton


Oleh: Muhamad Fahmi Hakim, S.Hum. (GES Environmental Engineer)

A graduate from UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang and currently working on PT. GES (Ganeca Environmental Services) Bandung as Junior Engineer. Has an interest in field work, septage management, water quality monitoring, Community Based Management. Hobby traveling, sport, film and social interaction with other people.


Ganeca Environmetal Services mendapatkan kepercayaan dari Halliburton Indonesia untuk melakukan kegiatan Environemnetal Basline Study (EBS) di lokasi pembangunan. Kegiatan ini dilakukan pada 06 Januari-10 Januari 2018. Lokasi  site ini berada di Kecamatan Onan Hasang, Kabupaten Tapanuli Utara.

Kunjungan ke lokasi untuk melakukan pengumpulan data primer dilakukan dengan didampingi oleh Pak Budi Marpaung selaku HSE Haliburton dan penanggng jawab dari Sarulla ltd. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan operasional pembangunan wellpad adalah pemantauan kebisingan serta pemantauan kecepatan dan arah angin. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui potensi besaran kebisingan yang diakibatkan oleh kegiatan konstruksi wellpad berdasarkan sebaran arah angin.

Kegiatan pemantauan kebisingan di lokasi ini dilakukan selama 24 jam berdasarkan KEPMEN LH No 48 Tahun 1996, pemantauan dilakukan selama 7 kali berdasarkan waktu-waktu yang mewakili. Metode pengukuran kebisingan dapat dilihat pada artikel berikut ini.  Lokasi yang dijadikan titik pemantauan tersebar di 8 titik di sekitar lokasi, pemantauan kebisingan dilakukan dengan menggunakan alat berupa sound level meter. Sumber potensi kebisingan sebelum dilakukan tahapan konstruksi adalah kondisi jalan raya yang berseberangan dengan lokasi wellpad, di sekitar lokasi wellpad juga tersebar beberapa pemukiman warga yang menempati area sekitar. Pemantauan di sekitar rumah warga dilakukan untuk mengetahui potensi paparan kebisingan pada tahap konstruksi.

Kegiatan selanjutnya adalah pemantauan arah dan kecepatan angin, kegiatan ini dilakukan di lapangan terbuka, untuk menghindari hambatan baik dari perumahan atau pepohonan. Pemantauan kecepatan dan arah angin dilakukan selama 24 jam untuk mengetahui sebaran arah angin serta kecepatan angin dan pengaruhnya terhadap potensi kebisingan di lokasi wellpad. Pengambilan foto udara termasuk salah satu tahapan dalam pemantauan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tampak atas lokasi pembangunan wellpad. Hasil dari foto udara ini akan digabungkan dengan hasil pemantauan kebisingan serta kecepatan dan arah angin.

Kegiatan pemantauan ini merupakan komitmen Halliburton dan Sarulla dalam pengelolaan lingkungan dan merupakan gambaran rona awal kebisingan sebelum dilakukan kegiatan konstruksi serta meminimalisir dampak kebisingan yang dihasilkan dari kegiatan konstruksi.

Gambar 1. Diskusi Penentuan Lokasi Pemantauan Bersama Haliburton dan Sarula Ltd
Gambar 2: Kegiatan Pemantauan Kebisingan
Gambar 3: Kegiatan Pemantauan dan Pengambilan Foto Udara
Gambar 4: Kegiatan Pemantauan Arah dan Kecepatan Angin

 

 


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment