Program EMEP GES Jawab Tantangan Permen LHK 93/2018


Oleh: Suci Fitriana br Bangun, S.T., (GES Environmental Engineer)

A graduate from UNPAS (Universitas Pasundan) Bandung and currently working on PT Ganeca Environmental Services Bandung as Junior Environmental Engineer. Has an interest in water and wastewater management, solid waste management, and social interaction with other people. Has hobby traveling, outdoor activity, camping, and cooking.


Pemantauan lingkungan merupakan salah satu upaya penting yang harus dilakukan oleh pemerintah maupun pelaku industri sebagai bagian dari komitmen pengendalian dan perlindungan lingkungan. Kegiatan pemantauan lingkungan juga merupakan amanah yang telah tertuang dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Pemerintah Indonesia menyadari pentingnya kegiatan pemantauan untuk terus dilakukan secara berkesinambungan agar potensi perubahan kualitas lingkungan dapat diketahui dengan baik dan sedini mungkin.

Pada tanggal 31 Agustus 2018 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutaan Republik Indonesia telah menetapkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor P.93/MENLHK/KUM.1/8/2018 Tentang Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan. Regulasi ini dapat dikatakan sebagai perubahan metode pemantauan yang diwajibkan oleh pemerintah. Perubahan tersebut dapat dikatakan sangat signifikan, merubah dari metode konvensional menjadi lebih modern dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini patut disambut dengan baik dalam konteks perlindungan lingkungan yang menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, pelaku industri maupun masyarakat. Setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan juga berkewajiban memberikan informasi yang terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara benar, akurat, terbuka, dan tepat waktu (Pasal 68, Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009).

Gambar 1. Pemantauan Kualitas Air di Lapangan

GES memahami tuntutan terhadap pengelolaan lingkungan akan terus semakin besar di masa yang akan datang. Oleh karena itu, GES mengembangkan dan menawarkan Program Pemantauan dan Evaluasi atau Environmental Monitoring and Evaluation Program (EMEP). Program ini merupakan salah satu upaya Ganeca Environmental Services untuk membantu perusahaan agar lebih efektif dan efisien dalam melakukan pemantauan dan mengevaluasi potensi dampak kegiatan usaha terhadap lingkungan. GES dengan mengintegrasikan penggunaan teknologi yang tepat dan handal, inovasi dan profesionalitas berharap dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan.

EMEP (Environmental Monitoring and Evaluation Program) merupakan inovasi terbaru dari Ganeca Environmental Services. Program ini dikembangkan untuk menjawab tantangan pengelolaan lingkungan yang dihadapi oleh banyak perusahaan di Indonesia. EMEP adalah layanan terintegrasi dalam pemantauan dan evaluasi lingkungan dengan mengintegrasikan aspek pemanfaatan teknologi yang tepat dan handal, inovasi, dan profesionalitas. Pemantauan lingkungan sendiri memiliki peran strategis dalam mengevaluasi sistem pengelolaan lingkungan eksisting yang dapat digunakan sebagai landasan dalam melakukan peningkatan performa. Pemantauan lingkungan dilakukan oleh perusahaan, salah satunya untuk memenuhi kewajiban terhadap peraturan pemerintah. Pada prakteknya, perusahaan sering kali dihadapkan oleh kendala-kendala, seperti tingginya biaya untuk melakukan pemantauan lingkungan, kurangnya informasi yang komprehensif terkait metode untuk mengimplementasikan teknologi yang tepat dan sesuai, serta keterbatasan waktu dan staff.

Gambar 2. Keuntungan menggunakan EMEP

GES memahami kondisi ini cukup banyak dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, GES membangun sebuah program yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan tersebut. EMEP hadir dan didesain untuk membantu mitra perusahaan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi pengelolaan lingkungan secara komprehensif. Melalui program ini, GES membantu dalam menyediakan teknologi serta tenaga ahli yang kompeten sehingga mitra GES dapat memperoleh berbagai macam keuntungan. Silahkan, jangan ragu untuk menghubungi GES untuk diskusi lebih lanjut, kami sangat senang bisa berdiskusi dan membantu setiap perusahaan sehingga dapat memperbaiki upaya pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment