GES dan IGES Jepang Kunjungan Ke IPLT Suwung

Ganeca Environmental Services bersama dengan IGES (Institute for Global Environmental Strategies) dari Jepang mengunjungi Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Suwung di Pedungan, Bali (Jumat 13/1/2017). Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan oleh IGES bekerjasama dengan PT. GES mengenai pengelolaan lumpur tinja di Indonesia. Kegiatan penelitian dilakukan mulai dari sumber lumpur tinja (tangki septik), pengangkutan, pengolahan, hasil pengolahan, sampai kepada manajemen serta regulasi-regulasi pemerintahan terkait pengelolaan lumpur tinja. 2 (dua) kota yang terpilih untuk mewakili lokasi penelitian adalah Bandung dan Denpasar.

Dalam kunjungan hari Jumat tersebut, tim IGES dan PT. GES berkeliling meninjau dan mengamati proses pengolahan lumpur tinja mulai dari inlet lumpur tinja (dari truk kuras limbah), sistem pengolahan, sampai outlet pengolahan yang telah menjadi air dan padatan. Turut mendampingi kunjungan, Pak Agung sebagai Koordinator Lapangan dari IPLT Suwung memberikan penjelasan dari setiap tahapan pengolahan.

Dr. Pham Ngoc Bao sebagai Water and Sanitation Specialist dari IGES dan Dr. M. Sonny Abfertiawan sebagai Ketua Tim Peneliti dalam kesempatan tersebut juga mengambil dan mengamati sampel air di outlet pengolahan IPLT Suwung.  IPLT Suwung sendiri merupakan salah satu kegiatan strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Kerja PAMS Provinsi Bali. Saat ini, pengoperasian IPLT Suwung masih dalam tahap uji coba. Kapasitas pengolahan IPLT Suwung sebesar 400m3 per hari dengan kawasan pelayanan meliputi Kuta Selatan dan Utara, serta Kota Denpasar yang belum terlayani oleh DSDP.



Oleh: Theresa Tonanga, S.T.  (GES Environmental Engineer)

Related Posts

19 Comments

Write a comment