Sistem Pemantauan Lingkungan Sparing


Oleh: Gilang Surawijaya, S.T., MBA  (Marketing & Business Development)

An MBA graduate from Bandung Institute of Technology (ITB). Have an interest in IT, digital marketing, business development and product management. Loves morning walk, gardening, comic, and games.


Pemantauan lingkungan (environmental monitoring) merupakan suatu aktivitas untuk memantau dan mengawasi kondisi eksisting atau real suatu titik/lokasi/area  pada waktu tertentu dan sesuai parameter yang telah ditentukan. Tujuan dari pemantauan lingkungan bermacam – macam diantaranya untuk memenuhi regulasi atau ketentuan dari pemerintah, mengevaluasi manajemen pengelolaan lingkungan perusahan, hingga untuk mengawasi dan mengevaluasi efisiensi operasional dan produksi perusahaan. Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.93/MENLHK/KUM.1/8/2018 tentang Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan, pemantauan lingkungan secara kontinyu dan daring (online) menjadi suatu kewajiban dan tantangan baru bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan.

Pemantauan lingkungan dapat dilakukan secara berkala (periodic) dan terus menerus (kontinyu). Pemantauan yang dilakukan secara terus menerus dapat memberikan data dalam rentang waktu tertentu sehingga dapat memberikan analisis berupa tren. Namun, pemantauan secara terus menerus ini menghadapi tantangan seperti kurangnya tenaga operator dan lokasi titik pemantauan yang jauh dan sulit dicapai. Untuk menjawab tantangan tersebut, lahirlah teknologi sistem pemantauan lingkungan jarak jauh secara online (Remote Online Environmental Monitoring System).

Gambar 1 Contoh pemasangan peralatan pemantauan kontinyu di salah satu Tambang Batubara Kalimantan Timur

Sistem pemantauan lingkungan jarak jauh secara online (Remote Online Environmental Monitoring System) memanfaatkan teknologi seluler, internet, dan cloud data server sebagai sarana untuk menghubungkan sensor seperti EWP Manta+ Mulltiparameter Probes yang bisa mengukur parameter – parameter kualitas air dengan komputer atau perangkat mobile pemantau. Dengan sistem ini maka pemantauan dan pengambilan data dapat dilakukan tanpa diawasi (unattended logging) secara terus menerus. Kemudian, dengan memanfaatkan jaringan seluler atau satelit, alat pemantauan dapat diletakkan atau dipasang dilokasi yang jauh dari kantor dan tempat pengawasan. Data parameter akan terus diambil dan  dicatat dan kemudian dikirimkan ke pusat data atau cloud data server yang dapat diakses melalui komputer (PC) dan perangkat mobile (smartphone/tablet) secara real time dimana saja dan kapan saja.

Gambar 2 Contoh hasil pemantauan kontinyu (sumber: Abfertiawan, 2016)

Dibawah ini adalah ilustrasi sistem pemantauan lingkungan online jarak jauh (Remote Online Monitoring System):

Gambar 3 Ilustrasi sistem pemantauan online

 

Dilihat dari ilustrasi diatas, sistem pemantauan lingkungan online jarak jauh (Remote Online Monitoring System) terdiri dari beberapa instrument, yaitu :

a. Sensor pemantau

Sensor pemantau atau probe adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan mengambil data parameter pemantauan. Sensor biasanya diletakkan dan dipasang kontak langsung dengan benda atau material yang akan dipantau seperti air sungai, air limbah, udara di area tertentu, dan lain lain.

Gambar 4 Eureka Water Probes Manta+ sensor pemantauan kualitas air

Gambar 5 NESA srl Air Temperature Sensor

b. Data logger

Data logger merupakan alat yang berfungsi sebagai perekam data dan mengirimkannya ke pusat data (cloud server). Data logger biasanya dilengkapi dengan kemampuan konektivitas ke jaringan GSM atau langsung terhubung ke satelit tergantung dari spesifikasi data logger tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh tentang metode ini, jangan ragu untuk berdiskusi dengan tim ahli GES.

c. Catu daya

Catu daya (power supply) merupakan sumber daya operasional sensor dan data logger. Sumber daya ini dapat berupa baterai dan panel surya (solar panel).

Gambar 6 Pemasangan datalogger dan panel surya

d. Pusat data (cloud data server)

Pusat data (cloud data server) merupakan fasilitas penyimpanan data yang diperoleh dari sensor. Data yang tersimpan dapat diakses langsung untuk melihat kondisi titik pemantauan secara real time. Data dapat dianalisa lebih lanjut untuk melihat trend. Untuk mengetahui lebih jauh tentang metode ini, jangan ragu untuk berdiskusi dengan tim ahli GES.

e. Perangkat melihat (viewing device)

Data yang disimpan di dalam pusat data dapat diakses melalui PC atau perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet. Tampilan data adalah kondisi real time titik pemantauan.

Gambar 7 Data dapat diakses via PC dan mobile gadget

Adapun sistem pemantauan lingkungan secara online ini memberikan berbagai manfaat dan keuntungan, antara lain :

  1. Kemudahan mengakses data dimana saja dan kapan saja
  2. Data dari beberapa titik lokasi dapat dipantau secara bersamaan
  3. Data diperoleh terus menerus dan dapat dikustomasi dengan menentukan rentang waktu data diambil
  4. Instalasi atau pemasangannya mudah
  5. Dapat mengirimkan notikasi atau alarm untuk memberikan peringatan dini sehingga aksi pencegahan (preventive action) dapat dilakukan untuk mengurangi potensi kerugian atau kerusakan yang lebih besar.
  6. Efisiensi biaya dengan mengurangi ketergantungan terhadap tenaga manusia

Ganeca Environmental Services (GES) melalui salah satu servicesnya yaitu Environmental Monitoring and Evaluation Program (EMEP) menyediakan jasa untuk membantu mitranya merancang dan memasang sistem pemantauan lingkungan secara online. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui email [email protected].


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment