Manta Multiprobe: Teknologi Modern Pemantauan Kualitas Air


Oleh: Suci Fitriana br Bangun, S.T., (GES Environmental Engineer)

A graduate from UNPAS (Universitas Pasundan) Bandung and currently working on PT Ganeca Environmental Services Bandung as Junior Environmental Engineer. Has an interest in water and wastewater management, solid waste management, and social interaction with other people. Has hobby traveling, outdoor activity, camping, and cooking.


Kegiatan pemantauan perlu untuk didukung peralatan yang tepat sehingga hasil yang diperoleh dapat berkualitas. Hasil yang baik tentunya dapat menjadi informasi penting dalam menilai performa upaya pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan perusahaan. Pemerintah Indonesia juga menilai pemantauan lingkungan menjadi kegiatan yang sangat penting. Oleh karena itu, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengeluakan regulasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor P.93/MENLHK/KUM.1/8/2018 Tentang Pemantauan Kualitas Air Limbah Secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan Bagi Usaha dan/atau Kegiatan. Regulasi ini dapat dikatakan sebagai perubahan metode pemantauan yang diwajibkan oleh pemerintah. Untuk memenuhi amanat dari regulasi tersebut, Manta Water Probes  dapat dipertimbangkan menjadi instrumen yang tepat dalam kegiatan pemantauan lingkungan.

Tahun 2018, Ganeca Group telah menjalin kerjasama dengan salah satu produsen teknologi pemantauan dari Amerika yakni Eureka Water Probes (EWP). EWP merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 2002 oleh beberapa pendiri industri dari Eropa dengan tujuan untuk memberikan improvisasi terhadap multiparameter probes. Sampai saat ini Eureka Water Probes terus berinovasi demi menciptakan produk dan teknologi terbaik untuk multiparameter probes. Gambar 1 merupakan teknologi Eureka Water Probes dengan tipe Manta. Sensor pemantuan yang diusulkan merupakan teknologi terbaik yang dapat mengukur hingga 12 parameter (sensor) dalam satu alat. Alat tersebut merupakan teknologi terbaru yang diusung oleh Eureka, yaitu Manta+.

Parameter yang dapat diukur oleh Manta Multiprobe yakni  optical DO, pH, ORP, conductivity, depth, level, turbidity, fluorometers including chlorophyll a, chlorophyll red, phycocyanin, phycoerythrin, fDOM, fDOM II, rhodamine, fluorescein, crude oil, refined fuels, optical brighteners, and tryptophan/BOD, CO2, ammonium, nitrate, sodium, calcium, bromide, chloride, TDG, PAR, dual PAR, and transmissivity. Teknologi ini sangat mudah untuk digunakan. Cukup dengan memasang USB ke Manta+, secara langsung data kualitas air dapat dilihat. Bahkan dengan bantuan telemetry data kualitas air dapat dipantau dari jarak jauh secara real time. Teknologi Eureka Water Probes dapat memungkinkan mitra perusahaan menentukan parameter yang diinginkan untuk dipantau baik secara periodik maupun real time. Metode ini tentu dapat memenuhi tuntutan yang diterapkan dalam Permen LHK NO 93/2018.

Pemantauan Periodik merupakan sistem pemantauan lingkungan yang perekaman atau pengambilan data dilakukan setiap periode waktu tertentu, minimal satu bulan sekali. Sedangkan pemantauan Real time merupakan sistem pemantauan lingkungan yang perakaman atau pengambilan data dilakukan secara kontinyu dengan time step yang lebih rapat. Perekaman dapat dilakukan dalam rentang menit maupun jam.

 

Terdapat banyak keunggulan dari penggunaan teknologi Manta+ Multiprobes. Adapun beberapa keunggulan tersebut yakni:

  • Pemakaiannya mudah
  • Rendah biaya pemeliharaan, 3 tahun umur pemakaian DO replacement cap, pH reference electrode yang dapat diisi ulang, mengurangi ketergantungan penggantian sensor pH tiap 6 bulan atau 1 tahun
  • Satu – satunya multiprobes yang beredar dipasaran yang dapat mengukur hingga 12 parameter didalam satu alat
  • Manta+ memberikan keleluasaan pengguna untuk menkonfigurasikan multiprobes untuk pemakain yang spesifik/khusus.
  • Garansi 3 Tahun untuk semua komponen termasuk sensor, kecuali ISE replacement tips dan Turbidity Wiper (2 tahun)

Manta Water Probes juga dapat diintegrasikan dengan program untuk pemantauan lingkungan dari GES yang disebut dengan Environmental Monitoring and Evaluation Program (EMEP).  EMEP (Environmental Monitoring and Evaluation Program) merupakan inovasi terbaru dari Ganeca Environmental Services. Program ini dikembangkan untuk menjawab tantangan pengelolaan lingkungan yang dihadapi oleh banyak perusahaan di Indonesia. EMEP adalah layanan terintegrasi dalam pemantauan dan evaluasi lingkungan dengan mengintegrasikan aspek pemanfaatan teknologi yang tepat dan handal, inovasi, dan profesionalitas. Untuk mengetahui program EMEP dapat dilihat di artikel pada link berikut ini Program EMEP GES Jawab Tantangan Permen LHK 93/2018.

GES siap membantu perusahaan untuk megembangkan dan mengoperasikan program pemantauan terus menerus sehingga perusahaan dapat memenuhi amanat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Silahkan, jangan ragu untuk menghubungi GES untuk diskusi lebih lanjut, kami sangat senang bisa berdiskusi dan membantu setiap perusahaan sehingga dapat memperbaiki upaya pengelolaan lingkungan secara bersama-sama.


Disclaimer: You may use and re-use the information featured in this website (not including GES logos) without written permission in any format or medium under the Fair Use term. We encourage users to cite this website and author’s name when you use sources in this website as references. You can use citation APA citation format  as standard citation format. Any enquiries regarding the use and re-use of this information resource should be sent to [email protected]

Related Posts

Write a comment